Translate

Selasa, 09 Desember 2014

Linux File Permission

Hai Hai Semua mua para pembaca blogger setiaku... Konbanwa ^_^
Apa Kabar nih semua? Sebelumnya kita itu ngebahas tentang “Perintah Proses dalam Linux . Masih Ingat apa Masih Lupa nih? Hehehe ... Yap dan kali ini saya akan menginformasikan kepada kalian tentang “Linux File Permission”.

         Membahas apa sih linux file permission itu ? jadi , linux file permission itu membahas tentang dasar dasar kepemilikan dan hak ases file dalam linux. Dari mulai kepemilikan directory, bagaimana cara melihat hak ases filenya, juga bagaimana mengatur hak akses si file itu sendiri loh...

         Jadi ya, dalam masing masing file di sistem Linux kalian semua  tentu saja termasuk direktori , itu dimiliki dan dikelola oleh pengguna tertentu juga oleh grup. Makanya itu, file itu didefinisikan untuk user, grup dan lain-lain. Grup , user, dan lain lain itu apa sih? Mari kita bahas.
  • User itu adalah username dari pemilik file itu sendiri. Jadi intinya mah pemilik file nya itu adalah user yang membuat file tersebut.
  •  Grup itu sekumpulan user yang punya file tersebut. Jadi semua user yang masuk kedalam kelompok yang punya file lah yang akan dapat hak akses sama ke file nya. Jadi contohnya kalian itu punya proyek yang harus dikerjakan oleh sekelompok orang tertentu dan hanya kelompok itu yang bisa akses filenya sedangkan orang selain dari kelompok itu tidak bisa. Disini nih kalian bisa menambahkan kelompok yang tadi ke dalam kelompok yang sama dengan kalian. Ah dan jangan lupa untuk memastikan file yang dibutuhin kelompok ada dan aturlah hak aksesnya sesuai grup filenya ya.
  • Other itu orang selain dari kelompok yang sama. Other itu kebalikan dari grup. Kalau kalian menentukan izinnya itu Other maka, yang berpengaruh adalah untuk orang lain.


Sekarang udah ngertikan apa itu Grup, User dan Other? Yap mari lanjut ke pembahasan selanjutnya ... GO GO SING~

Memahami permission file

Read, write, dan execute. tau kan apa itu? Yap bener .. read, write dan execute itu adalah jenis-jenis izin akses yang ada dalam Linux. Izin ini diperuntukan untuk User, grup dan Other.

Read  adalah file tersebut bisa dibuka dan dibaca. Contohnya di direktori, read disini berarti kalian bisa melihat isi dari direktori tersebut.

Write adalah file tersebut bisa dimodifikasi oleh kalian, seperti menulis data baru ke filenya, mengapus, juga mengganti nama.

Execute adalah file biasa yang bisa kalian jalankan filenya sebagai program atau shell script.



Cara Melihat Hak Akses File

ls –l  adalah perintah yang dapat digunakan untuk melihat hak akses file nya.
Perhatikan gambar dibawah ini


          Perhatikan gambar yah jangan lupa. Disitu kan ada file ‘hak.txt’ . dan hak.txt tersebut tidak berada di direktori kenapa ? karena satu huruf awal paling kiri adalah ‘ – ‘ yang berarti tidak dalam direktori manapun. Selain dari hak.txt huruf awal paling kirinya kan ‘ d ‘ berarti file tersebut berada dalam direktori. Sedangkan ‘ r ‘ berarti mendapat hak akses read . dan ‘ w ‘ adalah mendapat hak akses write. Disitu tidak ada hak akses execute atau ‘ x ‘ .

         Selanjutnya adalah coba kalian ketikan perintah ‘ chmod a=r hak.txt ‘ perintah tersebut adalah perintah untuk merubah semua hak akses atau ‘ a ‘ menjadi hak akses read atau ‘ r ‘ untuk file hak.txt  perhatikan gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya


         Langkah selanjutnya kalian ketikan ‘ chmod g+w hak.txt ‘ . jadi yah perintah tersebut itu adalah peritah untuk menambahkan hak akses grup atau ‘ g+ ’ menjadi write atau ‘ w ‘ pada file hak.txt. untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini lagi ya hehe


         Langkah selanjutnya kalian ketikan ‘ chmod u+x hak.txt ‘ . jadi yah perintah tersebut itu adalah peritah untuk menambahkan hak akses user atau ‘ u+ ’ menjadi execute atau ‘ x ‘ pada file hak.txt.


         Langkah selanjutnya kalian ketikan ‘ chmod g-w hak.txt ‘ . jadi yah perintah tersebut itu adalah peritah untuk menghapus hak akses grup atau ‘ g- ’ menjadi write atau ‘ w ‘ pada file hak.txt


         Langkah selanjutnya kalian ketikan ‘ chmod o+wx hak.txt ‘ . jadi yah perintah tersebut itu adalah peritah untuk menambahkan hak akses other atau ‘ o+ ’ menjadi write dan execute atau ‘ wx ‘ pada file hak.txt


         Langkah terakhir silakan kalian coba perintah ini ‘ chmod 147 hak.txt ‘ gimanaaa? Ngerasa beda ga sama sebelumnya ? yup yup kali ini kita coba perintah menggunakan angka . ngerti ngerti ngerti? Oke saya jelasin. Jadi gini :


         1 berarti punya izin hak akses execute atau ‘x’ untuk user

         4 berarti punya izin hak akses read atau ‘r’ untuk grup
         
         Dan 7 itukan pertambahan dari 4+2+1 kan , berarti other itu punya izin hak akses read ‘r’ , write ‘w’ , dan execute ‘x’ untuk other.

Yeay ... selesaiiii manseee... kita telah selesai menyelesaikan misi untuk belajar file permission dalam linux .. gimana ? seru? Eh? Hahaha lupakan ... semoga bermanfaat buat kalian.. keep trying guys ... and dont get bored ^_^
Sarangae nae faendeul ^^ :*

Love Love from me ... chu~